Saturday, October 4, 2014

PENJELASAN PENGERTIAN DAN KOMPONEN RPP KURIKULUM 2013

Sebenarnya RPP itu apa? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen apa saja yang ada di RPP ? berikut ini adalah Komponen RPP terdiri atas:
  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan  beban  belajar  dengan  mempertimbangkan jumlah  jam  pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;        
  6. Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan matapelajaran;    
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
    • Kompetensi  Dasar;  merupakan  kemampuan  spesifik yang mencakup  sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
    • Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
    • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dalam merumuskan indikator perlu memperhatikan beberapa hal: a). Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam KI-KD. b). Indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke abstrak (bukan sebaliknya). c). Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa. d) Indikator harus dapat menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
  8. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat    diamati    dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;                
  9. Materi pembelajaran adalah rincian dari materi pokok yang memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan        ditulis    dalam    bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator    ketercapaian kompetensi;    
  10. Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan    suasana  belajar    dan  proses  pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan    dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;    
  11. Media, alat, dan, sumber pembelajaran    
    • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
    • Alat pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran; yaitu alat bantu pembelajaran yang memudahkan memberikan pengertian kepada siswa.
    • Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, mencakup:
    • Pertemuan pertama, berisi pendahuluan; kegiatan Inti, dan penutup.
    • Pertemuan kedua, berisi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
  13. Penilaian
    • Berisi jenis/teknik penilaian;
    • Bentuk instrumen
    • Pedoman perskoran

Setelah mengetahui beberapa komponen yang ada pada RPP Kurikulum 2013 di atas, maka sekarang kita akan melanjutkan ke pembahasan mengenai Prinsip-prinsip Penyusunan RPP.

No comments:

Post a Comment