Sunday, February 1, 2015

Cetak Kartu Keaktifan PTK 2014-2015

Apakah Bapak/Ibu sudah mencetak kartu keaktifan Padamu Negeri di tahun 205 ini? Jika belum kini saatnya untuk mengetahui cara bagaimana Cara Cetak Kartu Keaktifan PTK 2014-2015.
Proses keaktifan PTK dalam satu sekolah dilakukan secara kolektif berdasarkan ajuan dari Kepala Sekolah ke Dinas. Namun untuk cetak Kartu Digital setiap semester tetap dilakukan mandiri oleh setiap PTK.Catatan : Ajuan kolektif tersebut sekaligus sebagai laporan resmi rekap beban kerja PTK aktif di sekolah ke Dinas setempat. Info selengkapnya dapat Anda lihat disini. 
Berikut langkah singkat mencetak kartu digital bagi PTK yang sekolahnya telah diajukan vervalnya oleh Kepala Sekolah dan telah disetujui ajuan vervalnya oleh Dinas :
1. Login sebagai PTK pada http://padamu.siap.web.id/ .
2. Silakan isi PegID/NUPTK dan password login akun PTK Anda dan pilih layanan Padamu PTK jika telah berhasil login.
3. Pada halaman dasbor PADAMU PTK Anda akan ditampilkan status keaktifan Anda, perhatikan gambar.
4. Klik Info Mengajar untuk melihat Riwayat Mengajar Anda. 
Pemutakhiran riwayat mengajar tidak perlu di entri manual lagi oleh setiap guru. Sistem akan meng-update riwayat mengajar baik di sekolah induk atau non induk secara otomatis ke setiap portofolio guru sesuai dengan isian jadwal kegiatan belajar mengajar mingguan pada semester aktif yang di entri oleh petugas admin/operator sekolah. Catatan : harap disiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiap kelas pada semester 2 TP. 2014/2015 yang telah berlaku di sekolah saat ini sebagai dasar entri ke sistem Padamu Negeri). Klik untuk melihat Panduan Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan. Berikut contoh tampilan Daftar Riwayat mengajar Anda.
5. Unggah foto Anda, klik Unggah Foto. 

Pilih file foto dari media penyimpanan komputer Anda. File yang dapat diunggah adalah file JPG, PNG, dan GIF dengan ukuran maksimum yang diijinkan 250 X 400 pixel.
6. Selanjutnya, klik Periksa Portofolio, periksa portofolio Anda.
Jika ada yang harus disesuaikan silakan klik Edit Kembali, namun jika sudah sesuai klik OK.
7. Selanjutnya, klik tombol Aktifkan Portofolio untuk periode Tahun Ajuran 2014-2015 Semester 2.
8. Langkah terakhir setelah semua PTK dalam satu sekolah melakukan keaktifan secara kolektif dan telah diajukan Kepala Sekolah ke Dinas untuk persetujuan verval, barulah PTK tersebut dapat mencetak kartu digital. Tombol Cetak kartu digital akan aktif jika verval ajuan kepala sekolah telah disetujui dinas. Klik tombol Cetak untuk mencetak kartu digital PTK.
9. Selamat, kartu digital Anda sebagai tanda keaktifan PTK periode Tahun Ajuran 2014-2015 Semester 2 telah berhasil dicetak. 
Kartu Keaktifan PTK 2015 Padamu Negeri
10. Selesai.

Itulah Cara Cetak Kartu Keaktifan PTK 2014-2015 di semester 2 ini, jika ada yang kurang dimengerti mengenai tahapan pelaksanaan cetak kartu Keaktifan Padamu Negeri tersebut anda bisa tuliskan pertanyaan di komentar atau untuk mendapatkan respon cepat bisa gabung dan tulis pertanyaan anda di http://diskusi.sekolahkita.info.
 
Sumber : Padamu Negeri

Informasi Terbaru Padamu Negeri 2015

Setelah cukup lama kita tidak menengok Padamu Negeri, kini saat untuk mengetahui apa saja yang ada di Padamu Negeri. Berikut ini merupakan kutipan dari website Padamu Negeri langsung yang berisi Informasi terbaru untuk tahun ajaran 2014/2015 saat ini, seperti apa beritanya?
Informasi Terbaru Padamu Negeri 2015

Padamu Negeri Periode Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
Berikut disampaikan informasi perihal mekanisme proses dan prosedur terbaru di Layanan PADAMU NEGERI periode semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 mulai 1 Februari 2015 s.d 30 Juni 2015.
  1. Pemutakhiran riwayat mengajar tidak perlu di entri pengakuan manual lagi oleh setiap guru. Sistem akan meng-update riwayat mengajar baik di sekolah induk atau non induk secara otomatis ke setiap portofolio guru sesuai dengan isian jadwal kegiatan belajar mengajar mingguan pada semester aktif yang di entri oleh petugas admin/operator sekolah.Catatan : harap disiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiap kelas pada semester 2 TP. 2014/2015 yang telah berlaku di sekolah saat ini sebagai dasar entri ke sistem Padamu Negeri).
  2. Pelaksanaan verifikasi dan validasi sertifikasi guru termasuk NRG dan penerbitan NRG baru bagi yang telah lulus sertifikasi namun belum memiliki NRG.Catatan : bagi setiap guru yang telah memiliki sertifikasi pendidik, harap disiapkan dokumen-dokumen berikut: piagam sertifikasi guru, sk perubahan kode mapel (bila ada perubahan) dan ijazah pendidikan terakhir.
  3. Pemutakhiran riwayat diklat lainnya yang diselenggarakan oleh BSPDMPK PMP Kemdikbud tidak perlu dientri manual lagi oleh setiap guru. Sistem akan meng-update riwayat diklat dimaksud otomatis ke setiap portofolio guru berdasarkan hasil dari sistem diklat yang terintegrasi dengan Padamu Negeri, seperti: ProDEP, Diklat Interaksi Online, Diklat K-13, dst.
  4. Proses keaktifan PTK dalam satu sekolah dilakukan secara kolektif berdasarkan ajuan dari Kepala Sekolah ke Dinas. Namun untuk cetak Kartu Digital setiap semester tetap dilakukan mandiri oleh setiap PTK.Catatan : Ajuan kolektif tersebut sekaligus sebagai laporan resmi rekap beban kerja PTK aktif di sekolah ke Dinas setempat.
SURAT EDARAN AGENDA PMP SEMESTER 2 2014-2015
SURAT EDARAN AGENDA PMP SEMESTER 2 2014-2015

Informasi awal rencana periode 2015/2016
  1. Interkoneksi dengan Sistem Adminduk Kemdagri untuk otomasi update biodata PTK berdasarkan NIK, mencakup: Nama, Jenis Kelamin, Tempat/Tanggal Lahir, Alamat, Data Kartu Keluarga,
  2. Pemutakhiran riwayat sertifikasi guru tidak perlu di entri manual lagi. Sistem Padamu akan mengupdate secara otomatis ke setiap portofolio guru berdasarkan hasil dari sistem sertifikasi guru yang dikelola LPTK, DIKTI dan PUSBANGPRODIK dan terintegrasi dengan Padamu Negeri.
  3. Digitalisasi Arsip Dokumen Ijazah Pendidikan PTK. Semua ijazah pendidikan PTK dari mulai TK hingga Sarjana di pindah (scan) dan diunggah ke sistem Padamu Negeri sebagai arsip digital resmi untuk mengurangi pemberkasan manual sekaligus sebagai pencadangan (backup) melindungi keamanan dari dokumen ijazah-ijazah personal PTK.
  4. Pelaporan SKP dan PPK secara Online khusus PTK PNS interkoneksi dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara).
  5. Distribusi hak akses admin/operator tingkat UPTD yang melayani sekolah-sekolah dan para PTKnya sesuai wilayah kecamatan masing-masing.
Demikainlah informasinya meskipun singkat tetapi sepertinya cukup membantu kita, dengan adanya kutipan ini mudah-mudahan Informasi Terbaru Padamu Negeri 2015 ini bisa membantu.

Jadwal Rilis Fitur/Modul PADAMU NEGERI bulan Februari 2015

Informasi mengenai Jadwal Rilis Fitur/Modul PADAMU NEGERI bulan Februari 2015 sudah bisa kita dapatkan dengan membaca langsung pengumuman di bawah ini terkait Jadwal Fitur Padamu Negeri yang akan rilis pada bulan Februari 2015 saat ini :
Jadwal Rilis Fitur-Modul PADAMU NEGERI bulan Februari 2015
Jadwal Rilis Fitur/Modul PADAMU NEGERI bulan Februari 2015

Info dari BPSDMPK PMP Kemdikbud, Jadwal Rilis Fitur/Modul PADAMU NEGERI bulan Februari 2015. Sesuai dengan agenda kegiatan PADAMU NEGERI Periode Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dijadwalkan mulai 1 Februari 2015 hingga 30 Juni 2015. Berikut kami sampaikan jadwal rilis fitur/modul selama bulan Februari 2015. Khusus untuk pengelolaan jadwal pengajaran kelas dapat mulai dipelajari panduannya di:
http://bantuan.siap-online.com/?s=jadwal+kelas

Jadwal rilis lengkapnya sebagai berikut:

1. Rilis 2 Februari 2015
+ Pengelolaan Jadwal Pengajaran Kelas
+ Kuisoner Literasi TI bagi Guru
+ Ajuan NUPTK Baru (S06)
+ Registrasi PTK Baru (A05/A06)

2. Rilis 9 Februari 2015
+ Pemutakhiran profil sekolah
+ Pemutakhiran sekolah wilayah 3T
+ Pemutakhiran status sekolah inti/gugus KKG/MGMP
+ Pemutakhiran status sekolah inklusi
+ Pemutakhiran koordinat lokasi sekolah

3. Rilis 16 Februari 2015
+ Registrasi Ulang Sertifikasi Guru
+ Verval NRG
+ Rekonsiliasi NPSN PDSP
+ EDS Lanjutan
+ PKG Lanjutan

4. Rilis 23 Februari 2015
+ Ajuan Keaktifan Kolektif oleh Kepala Sekolah
+ Kuisoner Literasi TI bagi Kepala Sekolah dan Pengawas
+ Cetak Kartu Digital PTK Semester Genap TP. 2014/2015

Semoga banyak memberi manfaat.
Salam PADAMU NEGERI INDONESIAku,
Admin Pusat
BPSDMPK PMP Kemdikbud

Itulah informasi mengenai Jadwal Rilis Fitur/Modul PADAMU NEGERI bulan Februari 2015 semoga bisa menjadi sedikit informasi penting bagi kita terutama untuk operator sekolah dan para PTK lainnya.


Cara Instal Patch Aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 - Tips Penting

Cara Instal Patch Dapodikdas v.3.0.3 sepertinya sudah diketahui para Operator Sekolah yaitu kita hanya perlu download patch v.3.0.0 maka langsung saja diinstal kemudial login ke aplikasi dapodikdas dan lihat versinya, apakah dari v.3.0.2 berubah menjadi v.3.0.3? atau tetap tidak berubah, jika demikian maka silahkan untuk melakukan refresh page (F5) sesering mungkin sampai berhasil.  Begitu juga mengenai fitur terkait Sekolah yang melanjutkan Kurikulum 2013 dan yang tidak dengan adanya peringatan yang berbunyi "Sekolah Anda Tidak Dapat Melanjutkan Kurikulum 2013". Dengan melakukan login dan melihat komponen tambahan yang ada di aplikasi dapodikdas secara langsung maka kita akan mengetahuinya.
Cara Instal Patch Aplikasi Dapodikdas v.3.0.3
Cara Instal Patch Aplikasi Dapodikdas v.3.0.3

Hal-Hal Penting di Patch Aplikasi Dapodikdas v.3.03

Pada saat anda selesai melakukan instal patch Aplikasi Dapodikdas v.3.0.3, maka dipersilahkan langsung login tanpa harus melakukan generate ulang data prefill (tidak harus menggunakan data prefill baru). Pada pengisian Rombel maka anda Tidak Perlu Menghapus dan membuatnya ulang, melainkan hanya perlu mengganti jenis kurikulumnya saja, dan mengubah pembagian PTK mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah anda.

Berdasarkan ketentuan  pusat yang berlaku, maka ditetapkan bahwa Patch Aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 ini akan expired pada tanggal 30 Juni 2015, jadi sebaiknya silahkan anda segera lakukan perbaikan dan pengecekan ulang data yang ada aplikasi dapodikdas patch terbaru tersebut. Semoga informasi pendek ini bisa cukup membantu semua rekan operator sekolah


Thursday, January 29, 2015

Panduan / Manual Cara Instal Aplikasi Dapodik v.3.0.3

Panduan Cara Instal Aplikasi Dapodik v.3.0.3 merupakan hal yang harus diketahui oleh para operator sekolah (OPS) karena pada patch terbaru kali ini ada beberapa penambahan deskripsi mengenai fitur yang ada pada v.3.0.3, apakah anda sudah mengetahuinya? Jika belum silahkan cermati mengenai beberapa fungsi yang ada pada Aplikasi dapodikdas versi 3.0.3 berikut ini :
panduan dapodikdas v.3.0.3
Manual panduan dapodikdas v.3.0.3

Panduan / Manual Cara Instal Aplikasi Dapodik v.3.0.3 - Penjelasan Aplikasi


Awal Januari tahun 2015 telah realease Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.2 yang melengkapi kebutuhan pengguna di versi sebelumnya. Tidak lama setelah aplikasi 3.02 realease ditentukan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakukan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013
Atas dasar kebijakan tersebut maka Aplikasi Dapodikdas meluncurkan versi 3.0.3 yang diharapkan dapat mengawal pelaksanaan kebijakan pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah.
Berkaitan dengan hal tersebut diharapkan operator sekolah segera melakukan update versi aplikasi, lalu melakukan update data terutama data yang terkait dengan penerapan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Dalam manual ini akan disajikan informasi dan panduan untuk melakukan update data menggunakan pembaharuan dan perbaikan fitur yang ada di aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3.

DESKRIPSI PERUBAHAN

  • [Perbaikan] Tingkat Pendidikan utk SLB ketika tambah rombel
  • [Perbaikan] Kolom No.KPS/KKS pada peserta didik
  • [Perbaikan] penambahan PTK ketika menyimpan
  • [Pembaruan] Penambahan unduh excel pada PD keluar dan PTK keluar
  • [Pembaruan] Penambahan tombol kembali cek dan unduh export UN
  • [Pembaruan] Penambahan filter utk jenis kurikulum 2013 hanya pada sekolah terpilih

Menggunakan Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 diawali dengan melakukan installasi versi.3.0.3. Yang berbeda di versi ini adalah menggunakan aplikasi harus diawali dengan sinkronisasi. Sinkronisasi ini bertujuan untuk menurunkan tanda/flag yang mendefinisikan sekolah mana saja yang dapat menggunakan Kurikulum 2013. Setelah melakukan sinkronisasi sekolah diharapkan memperbaiki data rombongan belajar menyesuaikan dengan kebijakan kurikulum yang berlaku bagi sekolah.

Berikut detail penjelasan dari langkah-langkah awal untuk menggunakan Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 :

INSTALLASI PATCH DAPODIKDAS VERSI 3.0.3

Patch Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 dapat diunduh di website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id melalui menu Download Aplikasi. Setelah selesai unduh maka kita sudah dapat langsung memulai proses installasi Patch Dapodikdas versi 3.0.3.

Untuk menginstall Patch aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 silahkan ikuti langkah berikut ini :

  1. pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi yang telah terinstall adalah versi 3.0.2. Jika yang terinstall di kompter masih versi lebih bawah dari 3.0.2 maka akan muncul peringatan. Jika versi aplikasi yang terinstall adalah bukan versi 3.0.2 maka uninstall aplikasi dapodikdas lalu install terlebih dahul versi 3.02 sampai berhasil login (penjelasan lebih lanjut baca manual aplikasi versi 3.0.2). Jika versi aplikasi yang terinstall telah memenuhi ketentuan maka kita dapat memulai proses installasi Patch versi 3.03.
  2. double klik master Aplikasi Patch Dapodikdas 3.0.3 lalu akan muncul menu installasi aplikasi, pilih LANJUT.
    double klik master Aplikasi Patch Dapodikdas 3.0.3
    double klik master Aplikasi Patch Dapodikdas 3.0.3
  3. Proses install patch akan berlangsung, tunggu hingga proses installasi selesai lalu pilih SELESAI.
    Proses  install  patch berlangsung
    Proses  install  patch berlangsung

    Proses  install  patch berlangsung
    Klik Selesai
  4. Buka aplikasi dapodikdas dan Jangan lupa sebelum login refresh browser dengan menggunakan CTRL+ F5 agar cache versi sebelumnya terbarukan dan perubahan versi aplikasi nampak di beranda. Dengan demikian proses installasi Patch telah selesai.
    refresh  browser tekan F5
    refresh  browser tekan F5

SINKRONISASI (menurunkan flag sekolah pengguna kurikulum 2013 ke aplikasi)

Perlakuan khusus di versi 3.0.3 ini adalah setelah berhasil melakukan installasi patch, operator HARUS MELAKUKAN SINKORNISASI. Hal ini bertujuan untuk menurunkan Flag penanda sekolah mana saja yang dapat menggunakan kurikulum 2013 dan mana yang kembali menggunakan kurikulum 2006. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Klik tombol validasi, abaikan dulu data invalid dan peringatan yang ada di validasi, lalu pilih TUTUP.
    Klik tombol validasi patch v.3.0.0
    validasi patch v.3.0.0
  • Pilih tombol SINKRONISASI di beranda, pada notifikasi persetujuan pengiriman data pilih YA. Lalu akan muncul menu sinkronisasi, pastikan sudah terkoneksi dengan internet yang stabil lalu pilih tombol SINKRONISASI yang berwarna hijau
    Proses sinkronisasi
    Proses sinkronisasi
    klik tombl hijau

    Proses sinkronisasi akan terlihat seperti gambar dibawah ini
    Proses sinkronisasi berlangsung
    Proses sinkronisasi berlangsung
  • Jika proses sinkronisasinya berhasil maka akan muncul keterangan terpilih atau tidaknya melanjutkan Kurikulum 2013.
    Sinkronisasi Sekolah melanjutkan Kurikulum 2013 berhasil
    Sinkronisasi Sekolah melanjutkan Kurikulum 2013 berhasil
  • Bagi sekolah yang tidak melanjutkan kurikulum 2013 maka tampilannya adalah sebagai berikut,
    Sinkronisasi Sekolah Tidak melanjutkan Kurikulum 2013 berhasil
    Sinkronisasi Sekolah Tidak melanjutkan Kurikulum 2013 berhasil
Masih ada lagi beberapa tutorial mengenai :
  1. EDIT DATA ROMBONGAN BELAJAR
  2. •    Perbaikan bagi sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD)
  3. •    Perbaikan bagi sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  4. MENGIRIM DATA MELALUI SINKRONISASI Sinkronisasi Online dan Offliine
  5. Menentukan KOORDINAT SEKOLAH
Namun sebaiknya anda lihat pada buku Panduan / Manual Cara Instal Aplikasi Dapodik v.3.0.3 yang bisa didwonload melalui link di bawah, jadi secara garis besar pada aplikasi patch dapodikdas v.303 ini ternyata adanya sedikit perbedaan mengenai pengelolaan atau manajemen Data Pokok Pendidikan antara sekolah yang melanjutkan kurikulum 2013 dan yang tidak melanjutkan :
download


Download Aplikasi Dapodik / Dapodikdas Patch v.3.0.3

Aplikasi Dapodik patch v.3.0.3 ternyata sudah bisa kita download lagi di website Info Pendataan, tidak disangka ternyata cepat juga ya sudah diterbitkan lagi patch terbarunya. Mungkin patch v.3.0.3 hanya untuk menambah umur aplikasi dapodik 2015 dari masa expired. Bagi para Rekan operator sekolah yang belum sempat upgrade patch maka silahkan download melalui tombol download di bawah artikel ini.
Info Pendataan
aplikasi dapodik - dapodikdas patch v.3.0.3
aplikasi dapodik - dapodikdas patch v.3.0.3

Jadi ada baiknya kita segera instal patch dapodikdas v.3.0.3 supaya lebih tenang dan tidak diburu-buru waktu, daripada nanti malah jadi expired mending instal aja sekarang selagi mendownloadnya gampang.
Semoga Informasi singkat mengenai Download Aplikasi Dapodik / Dapodikdas Patch v.3.0.3 bisa sedikit membantu.


Download
patch v.3.0.3

Wednesday, January 28, 2015

Download Aplikasi BIODATA UN 2015 (BIO UN 15) SD Offline

Aplikasi Biodata UN 2015 (BIOUN 15) pasti sedang banyak dicari oleh para Operator Sekolah ataupun Bapak/Guru berhubung ujian nasional akan segera dilaksanakan pada bulan April. Oleh karena itu bagi para rekan yang belum memiliki aplikasi BIO UN 15 SD offline bisa mendownloadnya pada aritkel kali ini melalui tombol download yang ada pada bagian bawah halaman ini. Namun sebelumnya hanya untuk mengingatkan cara menggunakan atau input data siswa di Aplikasi BIO UN 15 SD bisa Bapak/Ibu Guru dan OPS lihat pada panduan berikut ini :


Download dan Cara Menggunakan Aplikasi BIODATA UN 2015 Offline (BIOUN 15 offline)

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi BIOUN 2015 SD offline, kemudian extract dulu
  2. Masukkan database Kabupaten, Sekolah dan Siswa ke Folder "02-37" dan "DATAPRG" sesuai fungsinya
    memasang database dan menjalankan aplikasi BIOUN 15 SD
    memasang database dan menjalankan aplikasi BIOUN 15 SD
  3. klik icon atau lambang Kertas dan Pena
  4. Login menggunakan Username = SD (huruf kapital) dan Password = SD (huruf kapital)
  5. Pastikan Kode Kabupaten, Sekolah dan siswa sudah benar
  6. Pilih menu SISWA, kemudian isi data siswa tersebut secara lengkap. Seperti No.Absen, Kode POS, Nomor Induk dan Lainnya.Setelah itu cek kebenarannya dengan cara klik menu Validasi yang berada di bagian atas,Jika terdapat peringatan yang menunjukkan bahwa ada beberapa data siswa yang masih belum lengkap, maka segera perbaiki dan lakukan validasi ulang
    Download Aplikasi BIODATA UN 2015 (BIO UN 15) SD Offline
    cetak DNS (calon peserta UN 2015) - Verifikasi (Lembar ditanda tangani Kepala Sekola)
  7. Setelah semua tervalidasi, dilanjutkan dengan cetak lembar DNS (Calon Peserta UN 2015) atau Cetak lembar Verifikasi yang harus ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  8. Selesai. Serahkan kedua berkas tersebut ke pengurus pendataan UN di daerah anda.

Mungkin untuk panduan singkatnya cukup sekian dulu, kalau ada pertanyaan bisa mengirimkannya ke http://diskusi.sekolahkita.info, Insya ALlah kami para operator sekolah akan siap siaga membantu secepatnya. Kami berharap informasi mengenai Download Aplikasi BIODATA UN 2015 (BIO UN 15) SD Offline bisa sedikit membantu.

Aplikasi BioUN 2015 SD offline